Usaha franchise atau waralaba banyak dipilih sebab mengandung sedikit resiko kegagalan dikarenakan sistem usahanya yang sudah kokoh dari sebelumnya. Oleh karena itu, dalam pelaksanaan usaha ini Anda cukup fokus pada strategi pemasaran tanpa harus terlalu memikirkan bagaimana sistem dan manajemennya.
Anda pasti tidak asing dengan salah satu jariangan bisnis minimarket dengan sistem waralaba, Indomaret. Di Indonesia, Indomaret cukup mudah dijumpai di hampir setiap sudut kota di Pulau Jawa dan beberapa pulau padat populasi lainnya.
Meskipun Indomaret terbilang tidak terlalu besar, produk yang dijual cukup beragam dan lengkap. Tak hanya menjual produk seperti makanan dan peralatan sehari-hari, Indomaret juga melayani jasa transaksi seperti pembayaran tiket, tagihan listrik dan air, hingga pembayaran layanan online dapat Anda lakukan di Indomaret.
Awal mula didirikan bisnis Indomaret
Setiap bisnis atau perusahaan besar saat ini tentu dimulai dari titik terkecil, tak terkecuali Indomaret. Didirikan pada tahun 1988, awalnya Indomaret hanyalah sebuah toko biasa yang menjajakan keperluan khusus karyawannya.
Pada tahun 1997, mengikuti perkembangan zaman dimana masyarakat lebih mengutamakan kualitas dan kenyamanan saat berbelanja, Indomaret mulai membuat dan mengembangkan bisnisnya dengan menggunakan sistem waralaba.
Kepemilikan Indomaret awalnya dipegang oleh Sudono Salim, pendiri Salim Group, yang kemudian menjadi inti dari beragam perusahaan raksasa di Indonesia. Tak terkecuali PT Indoritel Makmur International Tbk. Sekarang bisnis minimarket waralaba Indomaret dikelola oleh PT Indomarco Prismatama, anak perusahaan dari PT Indoritel Makmur International Tbk.
Konsep minimarket yang digunakan Indomaret
Indomaret menggunakan 3 konsep mini market, yakni :
1. Indomaret biasa, merupakan konsep minimarket pada umumnya yang mengandalkan traffic pelanggan.
2. Indomaret convenience (Indomaret Point), merupakan konsep yang lebih mengandalkan traffic lalu lalang orang, misalnya lokasi perkantoran, terminal atau stasiun, karena itu barang-barang yang dijual pun berupa kebutuhan sehari-hari seperti makanan ringan, minuman, rokok, dan lain-lain.
3. Premium store, konsep ini pada dasarnya hampir sama dengan Indomaret biasa, hanya saja jenis barang yang dijual lebih banyak dan disesuaikan dengan segmentasi yang dilirik, yaitu menengah ke atas. Selain itu, biasanya berlokasi di tempat elite seperti di Kelapa Gading atau Pondok Indah.
Tertarik untuk buka Indomaret ?
Apabila Anda tertarik untuk membuka Indomaret di daerah Anda, berikut beberapa syarat awal yang harus dipenuhi.
1. Warga Negara Indonesia (WNI)
Salah satu syarat yang harus dipenuhi yakni Anda harus Warga Negara Indonesia asli dengan melampirkan salinan dan asli Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), dan identitas lain.
2. Lokasi Usaha yang Strategis
Berikutnya adalah menentukan lokasi ideal yang akan dijadikan tempat berdirinya Indomaret dengan mempertimbangkan beberapa faktor seperti : akses kendaraan, dekat dengan jalan raya, dan akses konsumen (lokasi di daerah ramai, dekat sarana umum, dan lain sebagainya).
Untuk spesifikasi lokasi Indomaret, Anda perlu menyiapkan lahan di area komersial dengan luas ideal sebesar 120-200 meter persegi.
3. Surat Kelengkapan Usaha
Selanjutnya, Anda perlu memiliki kelengkapan perizinan usaha toko :
– Surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB) atau Surat Izin Penggunaan Bangunan (IPB),
– Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP),
– Tanda Daftar Perusahaan (TDP),
– Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP),
– dan lain-lain.
4. Memiliki Dana Investasi
Besarnya dana yang harus diinvestasikan tergantung jenis usaha waralaba mana yang Anda pilih. Jika Anda ingin membuka Indomaret dari awal, maka dana investasi yang harus disiapkan sekitar Rp 300.000.000,- hingga Rp 400.000.000,- atau jika Anda ingin mengambil alih usaha, maka dana investasi yang dibutuhkan sekitar Rp 150.000.000,- sampai Rp 200.000.000,-. Kemudian, dana tersebut nantinya harus diserahkan kepada pihak Indomaret sebagai pemilik merek saat permohonan kerjasama Anda telah disetujui.
5. Mengajukan Permohonan Kerjasama
Apabila persyaratan di atas telah terpenuhi, Anda bisa mengajukan permohonan kerjasama dengan menghubungi Call Center atau mengunjungi website Indomaret guna mengunduh formulir pendaftaran. Selanjutnya, Anda hanya perlu menunggu kedatangan tim survei untuk mengecek lokasi yang telah Anda pilih.
Tahapan Kerja Sama
Setelah Anda melewati proses pendaftaran yang telah teregistrasi, makan tim verifikator dari Indomaret akan melakukan dua tahap presentasi.
Tahap pertama, Anda akan dijelaskan dengan detil mekanisme kerjasama, besarnya investasi, keuntungan per bulan, dan sistem operasional toko. Supaya presentasi berjalan lebih efektif dan bisa langsung ditindak-lanjuti, sebaiknya Anda membawa fotokopi dokumen pendukung atau surat kelengkapan usaha serta denah lokasi tempat usaha.
Tahap kedua, Anda akan dijelaskan hasil survei kelayakan dan Rencana Anggaran Belanja (RAB) yang mengarah pada besarnya nilai investasi.
Jika semuanya sudah lengkap dan disetujui, maka dilanjutkan dengan penandatanganan MoU (Nota Kesepakatan) yang mencakup butir-butir pembagian tugas antara pihak Anda dengan pihak Indomaret dalam mempersiapkan pembukaan toko, mulai dari pengurusan perizinan, renovasi bangunan, pembelian peralatan toko, seleksi dan training karyawan, serta termin pembayaran.
Pembukaan Toko
Setelah semua item kesepakatan direalisasikan, maka toko siap dibuka dengan program promosi yang ditetapkan Indomaret. Segera setelah toko buka, akan ditandatangani Surat Perjanjian Waralaba untuk jangka waktu 5 tahun.
Bergabung dengan bisnis waralaba dalam hal ini Indomaret merupakan salah satu langkah paling tepat untuk pemula yang ingin terjun di dunia bisnis karena pada dasarnya akan memberikan banyak keuntungan serta sangat minim resiko kerugian.
Dengan memanfaatkan trend serta budaya masyarakat Indonesia yang kini cenderung konsumtif, meskipun pasar dan toko tradisional juga masih banyak bertebaran, kehadiran minimarket Indomaret tetap akan ramai dikunjungi karena belanja praktis, mudahnya melakukan berbagai transaksi pembayaran dan banyaknya promo belanja di Indomaret menjadikan daya tarik tersendiri bagi masyarakat.