logo merupakan indentitas dari sebuah organisasi atau perusahaan yang dituangkan dalam bentuk desain. Umumnya logo dapat berupa tulisan, gambar dan lain hal sebagainya. Penggunaan logo merupakan sebuah wajah besar dari organisasi. Hal yang pertama akan dilihat dari perusahaan melalui logo. Kita ambil contoh seperti kita melihat logo “M” besar berwarna merah di jalanan, maka kita teringat dengan brand “Mcdonald”. Untuk itu, logo juga harus memiliki pesan yang dapat diterima oleh banyak orang.
Banyak orang berasumsi bahwa “Buat logo itu susah”. Namun jika anda mengerti bagaimana caranya maka sebenernya membuat logo merupakan mudah. Ada beberapa cara desain logo yang mudah untuk membuat logo diantaranya:
- Logo bisnis yang ingin direpresentasikan
Sebelum kita memulai kita harus bertanya terhadap kita sendiri, bahwa tujuan bisnis ini didirikan untuk apa? Bagaimana gambaran bisnis kedepan? Bisnis ini mau dibawa kemana? Tentunya sebuah organisasi yang dibuat tentunya tidak terlepas dari tujuan. Dari tujuan tersebut maka kita dapat menggambarkan kira-kira pesan apa aja yang ingin didapatkan.
Ambil contoh kasus Amazon
Logo amazon yang seperti diatas mengambil makna bahwa dia memiliki variasi dari produk a sampai z. ditambah dengan panah yang mengarah seperti senyum memiliki makna bahwa mereka mengutamakan kebutuhan dari pelanggan.
- Pahami dasar dasar pembuatan logo
Dalam Jurnal yang dibuat dari Lauren Labrecque dan George Milne dalam penelitian jual “the Academy of Marketing Science” mengatakan bahwa warna, gambar, tulisan yang dipilih menggambarkan indentitas dari sebuah merek dan ini juga menjelaskan bagaimana mereka mereka berkomunikasi dalam sebuah usaha. Beliau juga menjelaskan bahwa pemilihan warna juga memberikan peran penting didalam sebuah brand yang ternama.
dari sini kita belajar bahwa jika ingin membuat logo, buatlah logo yang dapat dikenali dan diingat. Tampilkan logo yang mudah untuk menjelaskan bahwa tujuan dari bisnis anda atau apa yang anda jual. Misalkan contoh merupakan konsultan hukum maka anda biasanya akan menggunakan symbol tulisan atau symbol timbangan dengan pengertian bahwa brand anda merupakan bisnis yang bergerak di bidang hukum.
Dalam ilmu psikologis warna berperan sekali untuk anda ada beberapa gambar yang saya kutip dari beberapa page halaman lain.
gambar didapatkan dari orbelo
dari website kita melihatkan bahwa pemilihan warna peran penting untuk logo menentukan gambar. lalu pastikan bahwa logo-logo tidak berubah-rubah guna konsistensi dari usaha. selain itu, gunakan logo yang dapat menggambarkan kedepan juga guna tidak merebranding logo.
- Rancang tahapan membuat logo
Sebelum kita membuat logo, pastikan bahwa anda sudah menentukan kira dasar-dasar anda membuat logo. kemudian jika anda belum pasti gambar atau sketsa di kertas kosong atau di tempat yang anda biasa lakukan.
anda bisa lakukan dengan menggunakan Ada beberapa aplikasi yang dapat membuat bisa membuat logo. seperti Adobe Illustrator, WIX, dan masih banyak lagi.
Tips:
Ini merupakan tips dari pribadi saya hanya untuk konsumsi pribadi anda saja. Silahkan anda ambil apa tidak.
Dari prespektif kacamata saya sendiri melihat bahwa Logo sekarang dominan berwarna biru. hampir semua brand besar di Seluruh Dunia menggunakan warna ini. Kenapa menggunakan warna ini karena warna ini sangat banyak digunakan karena menimbulkan rasa untuk aman, bisa dipercaya, dan mature secara brand.
Gambar diambil dari website publicimagedesign.com
seperti halnya brand-brand besar yang bergerak di bidang social media. Penggunaan lambang pada tahun-tahun kedepan masih mengedepankan 2 dimensi dibandingkan 3 dimensi. Kita ambil contoh Barclays salah satu dari brand bir yang mendanai sepak bola inggris bertransformasi dari gambar singa seperti 3d menjadi 2d. ini juga menjelaskan bahwa beberapa brand sekarang mentransformasi lebih minimalis.