Siapa yang tidak paham bahwa era digital menuntut semua orang, khususnya kaum milenial mendambakan perubahan yang bergerak cepat dan dinamis? Gaya hidup dan pola bekerja yang nomaden dianggap lebih relevan dengan budaya bekerja kekinian yang saat ini sudah tidak lagi berpatokan pada aturan waktu kantor pada umumnya.
Saat ini kantor virtual (virtual office) seperti Co-working Space lebih diminati anak muda khususnya yang bergerak di bidang start-up. Hal ini karena bermodal hangout seperti di kedai kopi atau lokasi berkumpul, lalu membawa gawai bisa langsung bekerja. Budaya kerja ini dianggap lebih menarik bagi pengusaha muda untuk bergerak cepat mengembangkan bisnis mereka dalam lingkungan yang mendukung.
Konsep kantor virtual ini mampu mengakomodasi perusahaan yang memang tak terlalu membutuhkan kantor dari segi operasional atau kegiatan usaha yang dilakukannya. Namun, kemunculan kantor virtual yang masif di beberapa kota besar di Indonesia bukanlah tanpa sebab, sehingga pengusaha terus mencari perusahaan virtual office karena mereka memiliki beberapa kelebihan.
Kamu ingin tahu kenapa virtual office lebih digandrungi pengusaha muda? Nah, kali ini kita akan membahas secara sederhana terkait kelebihan perusahaan yang menggunakan virtual office dalam menjalankan bisnisnya. Jadi, simak terus penjelasannya di bawah ini:
- Menghemat Operasional Kantor
Memiliki bangunan kantor sendiri tentunya akan membuat perusahaan harus mengeluarkan cukup banyak biaya operasional. Misalnya saja, biaya listrik dan air apalagi jika jumlah pegawainya banyak akan memakan biaya yang besar. Adanya virtual office, akan mengurangi biaya untuk dua hal ini dan perlu dipikirkan lagi. Sebab, semuanya sudah masuk ke dalam biaya sewa yang dipilih oleh perusahaan atau individu.Selain biaya operasional untuk listrik dan air, penyewa juga tidak perlu memikirkan masalah koneksi internet nirkabel. Pasalnya, perusahaan virtual office sudah menyediakan koneksi internet untuk menunjang pekerjaan para penyewanya.Biaya lain yang tidak perlu dikeluarkan oleh perusahaan saat menyewa virtual office adalah inventaris seperti meja, kursi, AC, dan peralatan pendukung lainnya seperti mesin fotokopi. Semuanya itu sudah disediakan dengan lengkap, sehingga perusahaan tinggal datang dan bekerja dengan maksimal.
- Bisa Ganti Suasana
Beberapa pengelola virtual office memberikan paket sewa yang bervariasi, mulai dari bulanan hingga tahunan. Jika perusahaan sudah merasa kerasan berada di sana, bisa memperbarui kerjasama sewa di akhir periode. Namun, jika kamu ingin suasana baru, maka bisa pindah ke tempat lain yang sekiranya lebih kondusif.Nah, dengan virtual office, pindah bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja tanpa terikat dengan masalah biaya. Jika perusahaan ingin dekat dengan klien atau tempat-tempat yang strategis, bisa memilih lokasi virtual office yang berada di pusat bisnis.Sementara itu, pekerja kreatif yang ingin suasana aman dan nyaman dalam bekerja bisa ke kawasan pinggiran kota yang tidak terlalu ramai dan macet.
- Mampu Meningkatkan Gengsi Perusahaan
Tidak bisa dipungkiri, memiliki kantor sendiri dapat meningkatkan gengsi dari sebuah perusahaan. Bahkan, meski perusahaannya hanya kecil, namanya bisa dikenal dengan baik oleh banyak kolega atau klien yang menggunakan jasanya.Salah satu paket layanan dari virtual office, seperti yang dilakukan juga oleh Gapura Virtual Office, adalah memberikan alamat perusahaan. Jadi, meski kantornya hanya virtual dan terdiri dari satu ruangan saja, namun perusahaan bisa menggunakan alamat itu untuk domisili resminya.Jika ada keperluan surat menyurat, pihak pengelola virtual office akan langsung melakukan sortir dan diberikan ke perusahaan yang tertera. Jadi, meski hanya menyewa satu ruangan saja, perusahaan penyewa tetap memiliki kantor resmi yang diakui oleh hukum.
- Ada Peluang Dijadikan Kantor Pusat
Dewasa ini bekerja tidak harus bertatap muka setiap hari. Sebuah perusahaan bisa merekrut banyak pegawai meski tanpa memiliki kantor sama sekali. Semua pegawai bekerja secara remote dan berkomunikasi secara realtime dengan fasilitas internet. Diskusi kerja bisa dilakukan dengan video call agar bisa bertatap muka secara virtual.Dengan virtual office, ingin merekrut sebanyak apa pun pegawai tidak masalah, karena tidak akan ada biaya operasional yang banyak. Beberapa penyedia virtual office menawarkan harga tahunan sekitar Rp 4,5 juta setahun untuk satu ruangan dengan 5 hingga 6 kursi. Sehingga, virtual office bisa membuat perusahaan berjalan dengan lancar dan mudah. - Mampu Meraup Keuntungan Besar
Virtual office akan membuat perusahaan bebas merekrut banyak pekerja. Dengan banyak pekerja, berbagai proyek dari klien bisa dikerjakan dengan baik, sehingga keuntungan yang diperolah akan meningkat. Perusahaan tidak memerlukan biaya operasional yang besar, maka keuntungan yang didapatkan bisa semakin besar. Dengan cara ini, semua pihak akan mendapatkan keuntungan, sehingga kinerja perusahaan bisa terus meningkat tanpa perlu memiliki lokasi sendiri. - Semakin Digandrungi Klien
Klien yang ada di luar sana memiliki cara pikir dan pandang yang berbeda-beda. Ada yang lebih menekankan pada hasil ada juga yang menekankan pada impresi pertama. Bagi klien yang berorientasi pada hasil, perusahaan atau individu tidak perlu kebingungan dengan masalah tempat kerja agar lebih profesional dan memiliki nilai lebih.Sementara itu, klien yang ingin semuanya tampak sempurna pasti melihat perusahaan dari alamatnya. Dengan memiliki alamat, mereka akan percaya kalau perusahaan itu nyata dan pasti bisa bekerja dengan baik. Sementara itu, perusahaan yang tidak memiliki alamat akan dianggap abal-abal, sehingga klien urung melakukan kerjasama. - Mendapatkan Banyak Orderan
Bekerja di virtual office juga sangat menguntungkan untuk individu yang bekerja secara independen. Mereka yang bekerja di sini bisa mendapatkan pekerjaan dari berbagai klien yang ada di dunia maya. Misalnya, seorang desainer bisa mengerjakan pekerjaannya di sini dengan nyaman, lalu setelah selesai mengirimnya secara langsung ke klien yang berada di luar negeri.Bekerja di virtual office juga akan membuat siapa saja bisa mendapatkan penghasilan yang banyak. Terlebih kalau dalam satu hari bisa mengerjakan pekerjaan dari beberapa klien yang berbeda. Hanya berbekal laptop dan koneksi internet, seseorang bisa memiliki kantor sendiri.
Nah, bagi kamu yang saat ini sedang menjalankan bisnis atau start up dan tengah mencari virtual office atau coworking space, bisa langsung kunjungi website kami di resmiin.id.
Selain itu, kamu juga bisa hubungi kami untuk mendapatkan info lebih lengkap dan konsultasi gratis untuk pendirian perusahaan, serta jangan lupa juga untuk mengunjungi Instagram kami di @resmiin.id.
Jadi, tunggu apalagi? Segera hubungi kami untuk mendapatkan layanan pengurusan legalitas perizinan dan pendirian perusahaan dengan cepat dan profesional. Klik bit.ly/info-resmiin-id untuk informasi lebih lanjut ya