

Menganalisis peluang usaha sangat penting untuk menunjang keberhasilan suatu bisnis. Sering kali seorang enterpreneur mengalami dilema saat mendefinisikan produk atau jasa yang akan ditawarkan. Bahkan merasa ragu, apakah produk tersebut unik dan layak untuk dijual atau tidak.
Salah satu yang bisa dilakukan adalah mencari tahu dari kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang mungkin saja terjadi. Dalam hal ini, analisis peluang usaha sangat berguna untuk menyusun strategi perusahaan, penjualan hingga ide bisnis baru.
Lebih jelas mengenai analisis peluang usaha, simak tipsnya berikut ini, mengutip dari situs HaloMoney.co.id :
- Identifikasi Peluang dan Persaingan
Sebelum memulai usaha, identifikasi produk bisa menjadi langkah pertama untuk menghadapi ketatnya persaingan. Produk yang unik dan berbeda dari kompetitor tentu akan dicari masyarakat.
Sangat berbeda jika produk yang dijual sama saja. Tentu para konsumen akan tetap memilih produk sejenis, namun dengan harga jual yang jauh lebih murah. Disamping itu, penjual yang sudah memiliki kredibilitas akan lebih dicari konsumennya.
Dengan demikian membaca peluang sangatlah penting saat melakukan analisis peluang usaha. Pilihlah produk yang berbeda dari penjual di pasaran.
- Mengenal Pasar Lebih Jauh
Karakteristik pasar sangat penting untuk mengenal lebih jauh saat melakukan analisis peluang usaha. Target seperti apa yang akan Anda tuju dan apakah mereka tertarik pada produk yang akan ditawarkan. Kedua poin tersebut sangat penting sebelum memulai usaha.
Jika sudah melakukan analisis tersebut berdasarkan penemuan yang sudah ada, Anda bisa menilai apakah ukuran dan karakteristik pasar sesuai dengan produk atau jasa yang ingin ditawarkan.
- Modal Mengembangkan Usaha
Modal merupakan bagian dari analisis peluang usaha yang paling penting. Sebelum memulai bisnis, Anda perlu memikirkannya sebaik mungkin agar dana yang dibutuhkan sesuai. Apabila bisnis yang ingin dijalankan membutuhkan dana besar, Anda harus sudah mulai memikirkannya. Dari mana sumber dana yang bisa didapat.
Mulailah identifikasi dengan beragam alternatif pilihan untuk mendapatkan modal. Tentunya, harus bisa memberi kesejahteraan finansial bagi perusahaan ataupun pekerjanya.
- Kemampuan Produksi
Jika produk yang ingin Anda jual membutuhkan proses produksi, tentukan ada banyak alat produksi yang dibutuhkan. Mulai dari peralatan produksi, perlengkapan produksi, dan kebutuhan tenaga kerja.
Ini tentu bukan hal mudah. Anda harus mulai memikirkan biaya untuk peralatan tersebut. Dan ini termasuk bagian penting dalam menganalisis peluang usaha.
- Merancang Business Plan
Setelah menemukan bisnis apa yang ingin dijalankan, saatnya Anda mulai merancang business plan. Hal ini merupakan tahap awal yang dilakukan oleh seorang calon enterpreneur sebelum memulai bisnisnya.
Business plan berbentuk pernyataan formal dan tertulis yang dibuat agar bisnisnya bisa mencapai tujuan. Banyak orang yang mengalami kegagalan dalam bisnisnya karena kurang memiliki perencanaan yang matang.
Baca juga : Bagaimana dan pengertian business plan
- Sumber Dana
Hal terpenting untuk merancang bisnis adalah mencantumkan sumber dana yang didapat. Apakah sumber dana berasal dari pribadi, perbankan, atau investor. Dalam hal ini, sumber dana harus dicantumkan sejelas mungkin agar tidak menimbulkan kekeliruan di kemudian hari.
Apabila Anda berencana mendapatkan dana dari investor ataupun kreditur, maka ada beberapa bagian poin yang harus bisa dijawab. Beberapa di antaranya, apakah bisnis tersebut bisa menghasilkan uang (mulai dari risiko dan return agar investor atau kreditur mau berinvestasi), apakah pemilik usaha benar-benar memahami bisnisnya dan mengetahui siapa orang yang layak dipercaya untuk berinvestasi.
Dalam hal ini, Anda tidak perlu mengumbar mimpi terlalu tinggi dalam memulai usaha. Hal yang terpenting adalah agar tetap realistis dan mengantisipasi beragam kemungkinan. Oleh karena itu, memiliki rencana yang matang sebelum memulai bisnis sangatlah penting. Yuk, mulai dari sekarang.