Platform Promosi online
Apabila anda seorang pengusaha atau startup cara efektif dalam pemasaran berbisnis ialah dengan promosi online. Apalagi disaat Pandemi Corona ini salah satu strategi yang terbaik ialah promosi online melainkan offline. Promosi online umumnya bermacam-macam dan sesuai dengan target anda. Saat ini pemasaran di Online paling efektif dikuasai oleh 2 perusahaan besar pertama yaitu Google dan Facebook. Keduanya memiliki jejaring promosi online yang terbesar di Dunia ini. diantaranya platform google memiliki youtube, google ads, dan partner google yang biasaya orang lakukan di mesin pencarian. Kemudian kerjaaan facebook memiliki whatsapp, Instagram, dan facebook sendiri. Mereka berperan cara pendekatannya berbeda beda.
Facebook memiliki jejaring sosial yang banyak, kita dapat melakukan promosi online melalui facebook dengan khas jejaringnya. Target pasarnya di jejaring facebook kita dapat melakukan pendekatan bersifat personal. Sementara itu google melakukan jejaringnya dengan pendekatan kata-kata. Target penjualannya bersifat langsung. Seperti apabila anda ketik “buat usaha” maka promosi iklan akan berjalan dengan pendekatan tersebut. Target pasarnya di jejaring google lebih ke pemasaran langsung.
Sebelum kita membahas mengenai cara dan bagaimana. Kita harus dahulu mengerti target dari yang anda ingin sasar.
Target Pemasaran promosi online
Sebelum kita bahas bagaimana caranya pastikan terlebih dahulu anda mengerti dengan apa itu target bisnis anda. Dalam situs diction.id target adalah (Solomon,2003,p232) kelompok yang dipilih oleh perusahaan untuk dijadikan sebagai pelanggan sebagai hasil dari segmentasi dan penargetan perusahaan yang stateginya bisa berbeda meliputi custom targeting strategi, targeting yang terkonstrasi, strategi yang beda-beda untuk pasar yang beda, strategi pemasaran yang tertarget namun tidak terfokus.
jadi sebelum gunakan promosi online pastikan bagaimana focus terhadap pasar anda. Kita ambil contoh bagaimana dahulu Milo selalu menjadikan pasar mereka tertarget untuk anak kecil supaya kuat dan sehat. mereka umumnya melakukan strategi ini focus terhadap pasar yang ingin di tuju namun, ketika ada seperti contoh ada seorang kakek yang membeli minuman milo tidak boleh. Mereka melakukan pemasaran yang menurut mereka sesuai dengan target pasar dari mereka. Setlah anda lakukan target jangan lupa gunakan positioning anda ingin di citrakan
Promosi online ini dibagi atas 2 hal yaitu dengan cara organik dan cara unorganik dengan pendekatan 2 platform yang ada versi resmiin
Promosi dengan cara Unorganik
Promosi dengan cara Unorganik ini merupakan cara promosi berbayar. Promosi dapat dilakukan dengan cara membayar sesuai dengan target anda dan dana yang anda keluarkan. Sebelum memulai promosi di online pastikan juga dahulu anda produk kebutuhan atau keinginan. Karena 2 hal ini berbeda. Seperti catering merupakan kebutuhan gunakan promosi berbayar di platform google. Bayarlah kata-kata kunci yang anda ingin tuju seperti catering karyawan, catering kawinan. Sementara jika anda sebuah restaurant dengan special makan tersendiri gunakan platform facebook. Gunakan platform berbayar melalui facebook ads dengan tentukan target anda dan wilayah anda. Bukan berati keduanya dua hal diatas ini tidak dapat menggunakan platform yang berbeda. Cuma pastikan bahwa target anda sesuai dan upayakan kata dan promosi menarik.
Promosi dengan cara Organik
Promosi ini dilakukan cara bertumbuh dengan sendirinya alias tidak digunakan pendaanaa. Umumnya dilakukan berdasarkan waktu dengan reaksi akan cepat atau lambat di terima oleh target anda. Biasanya perusahaan menggunakan beberapa metode ini dengan cara yang berbeda-beda juga dan variasi. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan di bisnis platform digital melalui google.
Google menyukai platform mereka sendiri yaitu ada platform seperti Blogger, Youtube, dan google my business. Pastikan juga anda memiliki website, jika anda tidak memiliki website gunakan platform blogger atau yang sering digunakan blogspot. Gunakan kata kunci yang menurut anda, orang akan mencari produk anda. hal yang sama juga andlah gunakan blog dan kosa kata di website anda sekarang ini. Apabila bisnis anda berbasis tempat gunakan googlemybusiness guna membuat produk dilihat. Dalam situs jangan lupa minta review orang setiap yang sudah membeli produk. Karena dapat meningkatkan di situs pencarian. Focus di kata kunci anda juga jika bisa anda menguasai kata kunci yang ada. hingga blog-blog seputar peminatan sesuai dengan target anda juga bisa lakukan
Sementara itu, di Facebook gunakan jejaring juga untuk meningkatkan citra anda. di facebook terhadap facebook fanpage, whatsapp business, dan Instagram koneksikan menjadi satu platform yang anda suka. Jika anda menggunakan platform ini gunakan platform ini untuk mengikat atraksi anda. jika bisa tidak hanya satu arah gunakan metode 2 arah yang membuat pelanggan akan melihat.